Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Senam Anti Korupsi

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 24 Pebruari sampai dengan 12 Maret 2016. Senam anti korupsi merupakan senam yang dibuat untuk menanam jiwa anti korupsi. Pelaksanaan senam dimulai dengan berkoordinasi dengan guru PJOK, yaitu Bapak I Nyoman Widia, A. Ma. Pd. tentang senam anti korupsi. Kemudian guru menyiapkan media yang akan digunakan, yaitu 1 buah laptop dan 1 buah speaker aktif. Setelah media siap, guru mulai melatih siswa kelas V pada jam kosong atau pada sore hari. Media audio visual sangat membantu guru dan siswa dalam memahami setiap gerakan senam. Setelah guru dan siswa kelas V mulai menguasai gerakan, pada hari selasa 2 Pebruari 2016 mulai dilaksanakan senam bersama sebelum masuk kelas. Siswa dan guru terlihat antusias dalam melaksanakan gerakan senam, walaupun gerakannya masih belum seragam, karena masih dalam proses belajar.

Senam anti Korupsi

A. Nilai-nilai Dasar Profesi PNS

  1. Akuntabilitas: Guru berlatih senam anti korupsi bersama siswa dengan bantuan media audio visual.
  2. Nasionalisme: Guru menumbuhkan sikap cinta tanah air warga sekolah dengan gerakan anti korupsi
  3. Etika Publik: Guru dan siswa berpakaian yang sopan dan rapi ketika melaksanakan senam.
  4. Komitmen Mutu: Guru dan siswa dapat melaksanakan senam anti korupsi dengan baik dan benar.
  5. Anti Korupsi: Guru dan siswa berlatih senam sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
Senam anti korupsi

B. Output/Manfaat

Adapun output/hasil dari latihan senam anti korupsi ini adalah  seluruh warga sekolah mampu melakukan gerakan senam anti korupsi dengan baik dan benar.

Dengan diaktualisasikannya nilai dasar profesi PNS pada pelaksanaan senam anti korupsi, maka diperoleh manfaat sebagai berikut.
  1. Bagi Diri Sendiri: Kegiatan ini dapat membuat badan menjadi sehat dan memperdalam makna anti korupsi.
  2. Bagi Guru Lain: Kegiatan ini dapat guru lain lebih sehat dan mengetahui makna anti korupsi dengan mengikuti gerakan senam dan musiknya.
  3. Bagi Siswa: Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa untuk melatih gerak motoriknya dan untuk mengetahui makna anti korupsi, sehingga siswa menjadi pribadi yang baik dan tidak korup.
Senam Anti korupsi

C. Analisis Dampak

Apabila pelaksanaan senam anti korupsi dilaksanakan tanpa mengaktualisasikan kelima nilai dasar profesi PNS, maka guru dan siswa tidak akan mampu menguasai gerakan senam dengan baik dan benar, serta tidak akan mampu memaknai dan melaksanakan gerakan anti korupsi. Sehingga tidak akan tercipta jiwa dan badan yang sehat untuk memberantas korupsi.

Senam anti korupsi

Demikian yang dapat kami bagikan tentang kegiatan  melatih siswa senam anti korupsi.

Posting Komentar untuk "Latihan Senam Anti Korupsi"