Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membina Siswa Berprestasi

Lomba siswa berprestasi dan Olimpiade MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) tingkat SD rutin diadakan setiap tahunnya. Untuk itu, semua sekolah perlu mempersiapkan siswanya. Termasuk SDN 6 Yehembang. 

Persiapan dilakukan agar siswa yang mengikuti lomba dapat memperoleh hasil yang maksimal. Minimal bisa lolos ke jenjang berikutnya, yaitu tingkat Kecamatan.

Lomba biasanya dimulai dari tingkat Gugus, kemudian yang lolos seleksi tingkat gugus maju ke tingkat Kecamatan. Jika lolos seleksi di tingkat kecamatan, maka akan mewakili kecamatan ke tingkat Kabupaten. 

Sebagai persiapan, SDN 6 Yehembang mengadakan pembinaan terhadap siswa berprestasi. siswa yang dibina adalah siswa yang memperoleh juara I, II, dan III dari kelas IV dan V. Dengan demikian diperoleh 6 siswa yang dibina. Semua siswa yang dibina ini nantinya akan mewakili sekolah dalam lomba-lomba. 

Pembinaan dilaksanakan 2 kali pertemuan dalam seminggu. Waktunya dijadwalkan di luar jam pelajaran, sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran.

Materi yang diberikan berupa materi pengayaan dan latihan-latihan soal lomba. Soal yang diberikan berdasarkan pengalaman lomba di tahun-tahun sebelumnya.

Siswa SDN 6 Yehembang
Kegiatan Pembinaan Siswa SDN 6 Yehembang

A. Nilai-nilai Dasar Profesi PNS

  1. Akuntabilitas: Guru membina siswa yang mempunyai potensi untuk berprestasi, yaitu siswa yang memperoleh peringkat I, II, dan III dari kelas IV dan V.
  2. Nasionalisme: Guru Menumbuhkan sikap percaya diri dan cinta terhadap sekolah. Guru dan siswa menjadi percaya diri ketika mengikuti lomba, karena telah melakukan persiapan melalui pembinaan. Kemudian diharapkan dapat megangkat nama sekolah dengan prestasi.
  3. Etika Publik: Guru melaksanakan pembinaan dengan kata-kata yang sopan, agar tidak membuat siswa takut.
  4. Komitmen Mutu: Guru dan siswa mampu menjawab soal-soal lomba yang telah diadakan tahun-tahun sebelumnya.
  5.  Anti Korupsi: Guru membina siswa sesuai dengan jadwal yang telah dibuat.

B. Output/Manfaat

Adapun output/hasil dari pembinaan siswa berprestasi SD Negeri 6 Yehembang adalah guru dan siswa mampu menjawab soal-soal lomba yang telah diadakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Dengan diaktualisasikannya nilai dasar profesi PNS pada pembinaan siswa berprestasi SD Negeri 6 Yehembang, maka diperoleh manfaat sebagai berikut.
  1. Bagi Diri Sendiri: Kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa tanggungjawab untuk membina siswa agar mampu memperoleh prestasi.
  2. Bagi Guru Lain: Kegiatan ini dapat dijadikan acuan bagi guru lain dalam membina prestasi siswa dalam bidang yang lain, seperti olahraga dans seni.
  3. Bagi Siswa: Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal lomba.

C. Analisis Dampak 

Apabila pembinaan siswa berprestasi SD Negeri 6 Yehembang dilaksanakan tanpa mengaktualisasikan kelima nilai dasar profesi PNS, maka siswa tidak akan mampu menjawab soal-soal lomba, sehingga tidak mampu berprestasi dalam bidang akademik. 

Demikian yang dapat kami bagikan tentang kegiatan pembinaan siswa berprestasi SDN 6 Yehembang, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Membina Siswa Berprestasi"