Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan Strategi Pembelajaran Siswa Aktif Tipe Quis Team

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 11 Maret 2016. Strategi pembelajaran siswa aktif tipe quiz team adalah suatu strategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran dengan bertanya ataupun menjawab pertanyaan. Adapun langkah-langkah pembelajarannya dapat dilihat pada tabel berikut.
sintak quis team
Kegiatan ini dimulai dengan guru menyusun RPP yang memuat langkah pembelajaran siswa aktif tipe quis team. Kemudian menyiapkan alat dan bahan dalam pembelajaran, seperti spidol, penghapus papan, dan papan nama tim. Setelah itu, guru mengatur tempat duduk siswa secara berkelompok, agar dalam pembelajaran siswa lebih cepat duduk secara berkelompok. Setelah itu, guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah diramcang.

quis team

Dalam pembelajaran yang telah terlaksana, siswa telah mengikuti pembelajaran dengan aktif. Pertama guru mengajak siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian menanyakan kepada siswa, “Bagaimanakah perlawan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan Belanda?” Kemudian siswa menjawab, “Melakukan berbagai perlawanan”. Kemudian guru menyampaikan tujuan pembelajaran, yaitu melalui bermain kuis, siswa dapat menjelaskan perlawanan para tokoh daerah dalam mengusir penjajah Belanda dengan benar. Kemudian guru membentuk tiga tim, yaitu Tim A, Tim B, dan Tim C. Setelah siswa duduk dengan masing-masing timnya, guru menjelaskan materi tentang perlawanan melawan penjajah Belanda. Setelah itu, Tim A menyusun daftar pertanyaan beserta kunci jawabannya. Tim B dan Tim C mempelajari materi dan catatannya. Setelah Tim A selesai membuat soal, kuis pun dimulai. Dan akhirnya diperoleh Tim C sebagai pemenangnya, sehingga Tim C berhak mendapatkan hadiah.
quis team

A. Nilai-nilai Dasar Profesi PNS

Adapun nilai-nilai dasar yang diaktualisasikan pada kegiatan ini, yaitu:
  1. Akuntabilitas: Sebelum melaksanakan pembelajran, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat langkah-langkah strategi pembelajaran siswa aktif tipe quis team.
  2. Nasionalisme: Dalam pembelajaran, guru tidak bersikap diskriminatif dengan tidak membeda-bedakan siswa.
  3. Etika Publik: Dalam pembelajaran, guru dan siswa menggunakan kata-kata yang sopan, santun dan menggunakan pakaian yang rapi.
  4. Komitmen Mutu: Dalam pembelajaran guru menerapkan strategi pembelajaran siswa aktif tipe quis team sesuai dengan RPP yang telah dirancang.
  5.  Anti Korupsi: Guru mengajar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan memberikan penilaian sesuai dengan kemampuan siswa dan rubrik penilaian.

B. Output/Manfaat

Adapun output/hasil dari penerapan Strategi Pembelajaran Siswa Aktif Tipe Quis Team pada Pembelajaran IPS Kelas V adalah rancangan pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa.

Dengan diaktualisasikannya nilai dasar profesi PNS pada penerapan Strategi Pembelajaran Siswa Aktif Tipe Quis Team pada Pembelajaran IPS Kelas V, maka dapat diperoleh manfaat sebagai berikut.
  1. Bagi Diri Sendiri: Kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa tanggungjawab dan jiwa inovasi dalam merancang pembelajaran.
  2. Bagi Guru Lain: Kegiatan ini dapat menjadi referensi bagi guru lain dalam menerapkan pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa.
  3. Bagi Siswa: Kegiatan ini dapat membuat siswa menjadi aktif dalam pembelajaran, dengan belajar sambil bermain, maka pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan lebih bermakna.
Kuis tim

C. Analisis Dampak

Apabila penerapan Strategi Pembelajaran Siswa Aktif Tipe Quis Team pada Pembelajaran IPS Kelas V dilaksanakan tanpa mengaktualisasikan kelima nilai dasar profesi PNS, maka proses pembelajaran tidak akan berjalan sesuai dengan langkah-langkah Strategi Pembelajaran Siswa Aktif Tipe Quis Team. Misalnya guru tidak bertanggungjawab untuk membuat RPP yang menerapkan strategi pembelajaran siswa aktif tipe quis team, maka pembelajaran tidak akan terarah, karena guru tidak mempunyai pedoman. Hal ini akan membuat motivasi dan hasil belajar siswa menjadi rendah.

Penerapan Strategi Pembelajaran Siswa Aktif Tipe Quis Team

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penerapan Strategi Pembelajaran Siswa Aktif Tipe Quis Team"